Panduan Verifikasi Rekening Bank Mahasiswa

Untuk memastikan kelancaran dan mempercepat proses pencairan Bantuan Biaya Hidup mahasiswa pada program Kampus Merdeka, data rekening yang didaftarkan pada akun mahasiswa akan diverifikasi terlebih dahulu. Mahasiswa wajib menggunakan rekening BRI atau BSI (khusus Aceh).

Langkah-langkah verifikasi adalah sebagai berikut:

  1. Log in ke akun Kampus Merdeka
  2. Klik “Akun” jika membuka website dengan browser desktop atau klik “Akunku” jika membuka website melalui perangkat mobile phone. 
Picture123.png
  1. Pada laman Akun, label ‘Perlu Dilengkapi’ hanya akan muncul jika rekening bank mahasiswa belum diverifikasi. Klik ‘Profil’ untuk bisa melakukan proses verifikasi.
blobid0.png
  1. Klik “Detail Rekening Bank“. Label “Perlu Diisi” hanya akan muncul jika mahasiswa belum melakukan verifikasi rekening bank.
blobid1.png
  1. Kolom “Nama bank” dan “Nomor rekening” akan kosong jika mahasiswa belum pernah memiliki rekening bank yang didaftarkan. Sedangkan untuk mahasiswa yang sudah pernah mendaftarkan rekening, kolom akan terisi secara otomatis sesuai dengan data terakhir yang tersimpan pada sistem. Silakan isi dan cek kembali data rekening bank dengan benar.
blobid3.png
  1. Jika informasi rekening bank sudah sesuai, klik “Verifikasi“.
blobid4.png
  1. Apabila verifikasi berhasil, data rekening bank milik Mahasiswa akan tersimpan dan menjadi rekening yang digunakan untuk menerima pendanaan.
verif_berhasil.png

Jika Verifikasi Gagal

1. Jika verifikasi gagal dikarenakan rekening tidak ditemukan, harap cek kembali data yang dimasukkan sudah sesuai atau belum.

verif_gagal_1.png
  1. Verifikasi juga akan gagal jika nama mahasiswa yang terdaftar di akun MBKM dan nama pemilik rekening tidak sama. Jika hal ini terjadi, ada 2 hal yang bisa dilakukan yaitu:
  • Klik ‘Daftarkan Rekening Lain’ untuk mendaftarkan rekening BRI atau BSI (khusus Aceh) atas nama mahasiswa, atau
  • Upload Buku Tabungan’ untuk membuktikan bahwa mahasiswa adalah pemilik rekening. Jika Anda tidak memiliki buku tabungan, Anda dapat mengunggah foto profil m-banking Anda. Namun mohon dipastikan nama pemiliki rekening dan nomor rekening terlihat jelas.
blobid7.png
  1. Klik ‘Pilih File’ untuk upload foto halaman pertama buku tabungan BRI/BSI. Pastikan nama pemilik dan nomor rekening bank terlihat jelas pada foto. Setelah itu, lanjutkan proses unggah dengan klik ‘Upload Foto’.
upload_buku_tabungan.png
  1. Mohon menunggu proses verifikasi selesai. Hasil verifikasi akan diinformasikan pada notifikasi akun MBKM. Silakan cek secara berkala.
memproses_verifikasi.png
  1. Mahasiswa bisa melakukan pengecekan status verifikasi pada halaman Profil. Label status akan terpasang pada bagian Detail Rekening Bank.
  • Dalam Proses: Proses verifikasi masih dilakukan, harap menunggu proses tersebut.
  • Perlu Diulang: Proses verifikasi rekening mahasiswa harus diulang karena data yang tidak sesuai ketentuan.
status.png
  1. Jika verifikasi harus dilakukan kembali, klik ‘Detail Rekening Bank’ dan pilih proses verifikasi yang diinginkan: ‘Upload Ulang’ foto buku tabungan atau ‘Daftarkan Rekening Lain’.
Picture7.png
 Penting Rekening yang sudah berhasil diverifikasi tidak dapat diubah.

Tanya & Jawab

  • Mengapa fitur Verifikasi Rekening Bank tidak muncul di akun saya?
    Mohon untuk melakukan clear cache pada browser Anda. Setelah itu silakan log in kembali.
  • Saya mahasiswa program MSIB, bagaimana jika Mitra saya tidak mengajukan Bantuan Biaya Hidup atau Mitra memberikan Bantuan Biaya Hidup secara mandiri (tidak melalui pihak Kampus Merdeka)?
    Jika mahasiswa tidak mendapatkan Bantuan Biaya Hidup atau Mitra memberikan Bantuan Biaya Hidup secara mandiri, maka mahasiswa tidak perlu melakukan verifikasi rekening bank.
  • Kapan paling lambat melakukan verifikasi akun bank?
    Pengajuan verifikasi bank untuk mahasiswa MSIB angkatan 2 dilakukan paling lambat tanggal 25 Februari 2022.
  • Saya sudah terlanjur verifikasi rekening bank saya, namun ternyata akun bank saya berstatus Dormant atau tidak aktif. Apa yang harus saya lakukan?
    Jika rekening Anda Dormant atau tidak aktif, mohon untuk segera datang ke kantor cabang BRI atau BSI (khusus Aceh) sesuai dengan lokasi pembuatan rekening Anda, agar akun rekening Anda dapat diaktifkan kembali.
  • Bagaimana jika penulisan nama di rekening bank saya berbeda sedikit dengan nama di akun Kampus Merdeka? Misal nama di rekening bank Suhartiny, namun di akun Kampus Merdeka Suhartini.
    Jika ada perbedaan penulisan nama pada rekening bank dan akun Kampus Merdeka Anda, maka verifikasi akan gagal. Selanjutnya, Anda perlu upload foto buku tabungan Anda untuk membuktikan bahwa mahasiswa adalah pemilik rekening.
  • Saya tidak memiliki buku tabungan karena membuka rekening secara online, apakah saya boleh upload foto profil m-banking saya?
    Boleh, namun pastikan nama yang terdaftar di rekening dan nomor rekening terlihat jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *